PEDOMAN DAN PERATURAN AKADEMIK SANTRI
PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
KULLIYATUL
MU’ALLIMIN AL ISLAMIYYAH
PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
TAHUN
2020
بسم الله الرحمن الرحيم
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Alhamdulillah
kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang Maha Mengetahui dan
Maha Kaya yang
mengatur seluruh kehidupan ini. Shalawat dan Salam kepada uswah hasanah kita Rasulullah
Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kepada keluarga serta
shahabatnya.
Buku Pedoman dan Peraturan Akademik Santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra
Tahun Pelajaran 2020/2021 ini dimaksudkan agar civitas pesantren dan wali
santri dapat memahami dan melaksanakannya dengan baik, penuh kesadaran,
keikhlasan, dan disiplin yang tinggi sehingga terwujud kehidupan pesantren
sebagaimana harapan pendiri pesantren ini KH. R. Hisyam Syafi’i yaitu kehidupan
yang seolah-olah riyadlul jinan
(taman surga).
Dukungan dan dorongan dari civitas pesantren dan wali santri Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim Putra
sangat kami harapkan demi terwujudnya visi dan misi Pondok Pesantren Ibnul
Qoyyim Putra D.I. Yogyakarta.
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
|
D.I. Yogyakarta, 30 Juni 2020 Pimpinan Pondok Pesantren Ibnul
Qoyyim |
DAFTAR ISI
Halaman Depan |
1 |
Kata Pengantar Pimpinan
Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim D.I Yogyakarta |
2 |
Daftar Isi |
3 |
Tim Penyusun |
4 |
Profil Pondok Pesantren
Ibnul Qoyyim Putra |
5 |
Visi,
Misi, dan Tujuan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
7 |
Sistem Pendidikan Penilaian dan SKL Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim
Putra |
10 |
Struktur Kepengurusan
Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra D.I. Yogyakarta |
24 |
Struktur Kurikulum Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
31 |
Kalender Akademik Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
32 |
Jadwal Kegiatan Harian dan
Mingguan Santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
34 |
Tata Tertib Santri Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
36 |
Penutup |
51 |
Lampiran ; indeks dan
surat pernyataan |
|
TIM PENYUSUN
Pengarah :
M. Fajar Nur Rachmat, Lc.
Penanggung jawab : H. Dhimas Rhomaulian Utomo, S.Pd.I.
H. Bayu
Arif Kurnia, S.Pd.
Penyusun : Hj. Winarni, S.T.
Hendriana
Wijaya, S.Hum., M.A.
PROFIL
PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
NO |
IDENTITAS
PONDOK PESANTREN |
|
1 |
Nama PONTREN |
Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
2 |
Nomor
Statistik PONTREN |
510034020056 |
3 |
Nomor
Statistik MA |
131234020021 |
4 |
NPSN MA |
20363268 |
5 |
Nomor
Statistik MTs |
121234020021 |
6 |
NPSN MTs |
20411946 |
7 |
Provinsi |
Daerah
Istimewa Yogyakarta |
8 |
Kabupaten |
Bantul |
9 |
Kecamatan |
Piyungan |
10 |
Kelurahan |
Sitimulyo |
11 |
Jalan dan
Nomor |
Jalan Jogja-Wonosari
Km 10,5 |
12 |
Kode Pos |
555792 |
13 |
Telepon |
Kode
Wilayah: 0274 Nomor:
284 1 777 |
14 |
Status Pesantren |
Swasta |
15 |
Akreditasi MA |
“A” Badan
Akreditasi Nasional Provinsi DIY |
16 |
Surat
Keputusan BAP |
Nomor:10.01/BAP-SM/TU/XI/2012, Tanggal 10 November 2012 |
17 |
Akreditasi
MTs |
“A” Badan
Akreditasi Nasional Provinsi DIY |
18 |
Surat
Keputusan BAP |
5.01/BAP-SM/TU/XI/2018 |
19 |
Tahun Berdiri |
2006 |
20 |
Kegiatan
Belajar Mengajar |
Pagi |
21 |
Bangunan
Pondok pesantren |
Milik Sendiri |
22 |
Masa
Pendidikan |
6 Tahun |
23 |
Organisasi
Penyelenggara |
Persaudaraan
Djama’ah Hadji Indonesia (PDHI) |
24 |
Pengasuh/
Kyai Pondok Pesantren |
Kyai M. Najib Hisyam |
25 |
Direktur KMI |
|
26 |
Kepala MA |
Dhimas
Rhomaulian Utomo, S.Pd.I |
27 |
Kepala MTs |
Bayu Arif Kurnia, S.Pd. |
28 |
Kepala
Pengasuhan |
M. Fajar Nur Rachmat, Lc |
VISI
MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN
DI PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM
D. I. YOGYAKARTA
A. VISI
Perkembangan dan tantangan
masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi
yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang
tua terhadap pendidikan memicu pesantren untuk merespon tantangan sekaligus
peluang itu. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim D.I. Yogyakarta memiliki citra moral yang menggambarkan profil pesantren yang diinginkan di masa
datang yang diwujudkan dalam Visi pesantren berikut:
VISI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim D.I. Yogyakarta
“Terwujudnya Generasi Mukmin,
Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis”
Dengan indikator visi sebagai
berikut;
1. Generasi Mukmin;
a. Mempunyai
kepribadian yang sesuai dengan al-Qur’an dan Hadits.
b. Melaksanakan
ajaran agama dalam kehidupan keseharian baik di dalam ataupun di luar pesantren.
c. Mempunyai
pengetahuan agama yang baik.
d. Mempunyai
kepribadian yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab atas amanah yang
diberikan.
2. Mu’allim;
a. Mempunyai jiwa
pendidik yang berakhlak mulia.
b. Membiasakan
diri dengan berpenampilan yang baik.
c. Mampu mendidik dan mengajar dengan metode yang benar.
d. Mempunyai jiwa
disiplin dan konsekuen dengan tugas yang diberikan.
3. Muballigh
a. Mampu mengarahkan diri sendiri dan orang lain kepada tuntunan
yang benar.
b. Menjadikan
pendidikan sebagai sarana dakwah dan tabligh.
c. Menjadikan
kemampuan bahasa sebagai sarana untuk menggali sumber-sumber ajaran Islam dan
sarana berdakwah kepada umat.
4. Mujahid
a. Mempunyai jiwa
kepemimpinan dan kemampuan manajemen (keorganisasian) yang baik.
b. Mempunyai jiwa
yang kuat dan pantang menyerah dengan tugas dan amanah yang
diberikan.
c. Mempunyai
kesungguhan dalam belajar dan mengamalkan ajaran Islam.
5. Mukhlis
a. Mempunyai jiwa
yang ikhlas dan jauh dari sikap komersial.
b. Menjalankan
tugas dan kewajiban di dalam dan di luar pesantren dengan tulus dan penuh
tanggung jawab.
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita pesantren yang
berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan
norma dan harapan masyarakat.
B.
MISI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim D.I. Yogyakarta
1. Melaksanakan dan mengembangkan
pendidikan pesantren berbasis Pondok Pesantren.
2.
Memperkuat sistem kaderisasi untuk membentuk pendidik yang berakhlakul
karimah.
3.
Mengembangkan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris sebagai sarana
dakwah.
4. Menanamkan dan mensyiarkan nilai-nilai Islam.
5. Melaksanakan keorganisasian dalam rangka membentuk
jiwa kepemimpinan yang kuat.
6. Menanamkan jiwa keikhlasan,
kesederhanaan, berdikari, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir yang
berdasarkan Al Qur’an dan As-Sunnah.
C. TUJUAN PENDIDIKAN
1. Mengintegrasikan Kurikulum KEMENDIKBUD,
KEMENAG, dan Pesantren dalam pembelajaran di kelas dan luar kelas.
2. Mempersiapkan kader pendidik dengan sistem
pengkaderan yang baik dan berjenjang.
3. Menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai sebagai
bahasa pengantar dalam pembelajaran dan kegiatan santri baik di madrasah maupun
pesantren.
4. Melatih dan membekali para peserta didik dengan
ketrampilan berdakwah sehingga mampu menerapkan dalam kehidupan masyarakat.
5. Mendidik para peserta didik untuk aktif dalam
berorganisasi baik organisasi intra madrasah maupun pesantren.
6. Membiasakan pola hidup ikhlas, sederhana, mandiri,
toleran, dan disiplin.
SISTEM PENDIDIKAN
A.
Pendidikan di Pontren Ibnul Qoyyim
Pendidikan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim menerapkan model
kulliyatul mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) dengan memadukan dua kurikulum,
yaitu:
1.
Kurikulum pesantren yang memprioritaskan pendidikan
Agama, bahasa Arab, dan bahasa Inggris yang mengacu pada sistem pembelajaran
Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo.
2.
Kurikulum madrasah yang mengacu pada Standar Nasional
Pendidikan dengan satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah
Aliyah (MA) dengan jurusan IPA dan IPS.
3.
Kurikulum Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim pada tahun
pelajaran 2020/2021 mengacu pada Kurikulum 2006 (kelas 3 dan kelas 6 KMI),
Kurikulum 2013 (kelas 1,2,4 dan 5 KMI), dan Kurikulum Pesantren (kelas
1,2,3,TH,4,5,6 KMI).
Masa pendidikan yang diterapkan adalah enam tahun,
terdiri dari tiga tahun MTs (setara SMP) dan tiga tahun MA (setara SMA).
Lulusan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim akan mendapatkan tiga ijazah, yaitu:
ijazah MTs, ijazah MA, dan ijazah pesantren.
B.
Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0–100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan mempertimbangkan kompleksitas materi/kompetensi,
intake (kualitas peserta didik), serta guru dan daya dukung satuan pendidikan.
Berdasarkan hal
tersebut, maka Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim menetapkan ketuntasan
belajar pada masing-masing mata pelajaran melalui MGMP sebagai berikut:
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
PROGRAM |
No Urut |
No Urut Rumpun |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||||
1 |
2 |
3 |
TH |
4 |
5IPA |
5IPS |
6IPA |
6IPS |
||||
Pendidikan Agama |
1 |
1 |
Aqidah/ Akhlaq |
70 |
70 |
70 |
75 |
72 |
72 |
72 |
72 |
72 |
2 |
2 |
Al-Qur'an Hadits |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|||
3 |
3 |
Ulumul Quran |
75 |
75 |
||||||||
4 |
4 |
Ilmu Tajwid |
70 |
70 |
75 |
|||||||
5 |
6 |
Tahfidz |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
6 |
7 |
Ulumul Hadits |
70 |
70 |
||||||||
7 |
8 |
Fiqh |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
8 |
9 |
Ushul Fiqh |
60 |
60 |
60 |
60 |
60 |
|||||
9 |
10 |
Tarich Islam/SKI |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
||||
10 |
11 |
Tarbiyah |
60 |
60 |
60 |
60 |
60 |
|||||
Bahasa Arab |
11 |
1 |
Tamrin Lughah |
75 |
75 |
75 |
75 |
|||||
12 |
2 |
Mutholaah |
70 |
70 |
70 |
70 |
72 |
72 |
72 |
72 |
72 |
|
13 |
3 |
Nahwu |
70 |
75 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
|||
14 |
4 |
Shorof / I’lal |
70 |
70 |
70 |
|||||||
15 |
5 |
Imla |
75 |
75 |
75 |
|||||||
16 |
6 |
Mahfudlot |
75 |
75 |
75 |
75 |
||||||
Bahasa Inggris |
17 |
1 |
Bahasa Inggris |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
|
18 |
2 |
Reading |
70 |
75 |
||||||||
Bhs. Indo |
19 |
1 |
Bahasa
Indonesia |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
Pendidkan IPS |
20 |
1 |
PKN |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
21 |
2 |
IPS |
75 |
75 |
75 |
|||||||
22 |
3 |
Sejarah Indonesia |
70 |
72 |
72 |
75 |
75 |
|||||
23 |
4 |
Sejarah Umum dan Nas |
72 |
72 |
75 |
75 |
||||||
24 |
5 |
Sosiologi |
70 |
75 |
75 |
|||||||
25 |
6 |
Geografi |
70 |
72 |
75 |
|||||||
26 |
7 |
Ekonomi |
70 |
71 |
72 |
|||||||
MIPA |
27 |
1 |
Matematika |
75 |
75 |
75 |
70 |
72 |
71 |
73 |
72 |
|
28 |
2 |
IPA |
70 |
72 |
74 |
|||||||
29 |
3 |
Fisika |
70 |
72 |
75 |
|||||||
30 |
4 |
Kimia |
71 |
72 |
75 |
|||||||
31 |
5 |
Biologi |
70 |
70 |
70 |
|||||||
SENI,KETR,ORKES |
32 |
1 |
TI dan TK |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
75 |
||
33 |
2 |
Penjasorkes |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
|
34 |
3 |
Bahasa Jawa |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
|
35 |
4 |
Kaligrafi |
70 |
70 |
70 |
75 |
||||||
36 |
5 |
Prakarya |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
70 |
Peserta didik yang
belum dapat mencapai ketuntasan belajar seperti ketetapan di atas harus mengikuti program perbaikan (remidial) sampai mencapai
ketuntasan belajar yang dipersyaratkan (pelaksanaan remidial test maksimal dua kali). Santri yang telah mencapai
ketuntasan belajar dapat mengikuti program pengayaan (enrichment).
C.
Sistem Penilaian
1.
Kurikulum 2013
Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, penilaian
pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas:
a. penilaian hasil belajar oleh pendidik;
b. penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan
c. penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Ketiga penilaian tersebut dirangkum dalam tabel berikut:
Penilaian
hasil belajar dilakukan dalam bentuk penilaian otentik, penilaian diri,
penilaian projek, ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, ujian pesantren/pondok,
dan ujian nasional.
1) Penilaian otentik dilakukan oleh guru secara
berkelanjutan.
2) Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik untuk tiap
kali sebelum ulangan harian.
3) Penilaian projek dilakukan oleh pendidik untuk tiap
akhir bab atau tema pelajaran.
4) Ulangan harian dilakukan oleh pendidik terintegrasi
dengan proses pembelajaran dalam bentuk ulangan atau penugasan.
5) Penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester,
dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan.
6) Ujian Mutu Tingkat Kompetensi Pondok Pesantren dilakukan dengan ujian dan kegiatan kelas akhir KMI.
7) Ujian pesantren dilakukan oleh satuan pendidikan
sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
8)
Ujian Nasional
dilakukan oleh Pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Teknik dan instrumen yang digunakan untuk penilaian
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:
1)
Penilaian
kompetensi sikap
Pendidik
melakukan penilaian kompetensi sikap melalui:
a)
observasi,
b)
penilaian diri (self assessment),
c)
penilaian “teman sejawat” (peer
assessment) oleh peserta didik,
d)
jurnal.
Instrumen
yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antar peserta
didik adalah lembar pengamatan
berupa daftar cek (checklist) atau
skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada
jurnal berupa catatan pendidik. Penilaian aspek sikap diwujudkan dalam bentuk deskripsi
perilaku peserta didik.
Contoh deskripsi:
Sikapnya
baik, berpakaian sesuai dengan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari,
menunjukkan sikap jujur dan homat kepada guru, namun kontrol dirinya perlu ditingkatkan.
2)
Penilaian
kompetensi pengetahuan
Penilaian
Pengetahuan dilakukan oleh Guru mata
Pelajaran (Pendidik) melalui:
a)
Tes tulis, terdiri dari
Penilaian Harian
(NH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Penilaian
Akhir Tahun (PAT).
b)
Tes lisan
c)
Penugasan
Skala
penilaian pada kompetensi pengetahuan adalah 0-100 dan dan predikat, serta dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yang
menonjol berdasarkan pencapaian KD selama satu semester.
3)
Penilaian
kompetensi keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
melalui:
a) Tes
praktik
b) Projek
c) Portofolio
Skala
penilaian pada kompetensi pengetahuan adalah 0-100 dan dan predikat, serta dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yang
menonjol berdasarkan pencapaian KD selama satu semester.
2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Penilaian
dilakukan secara menyeluruh, yaitu mencakup semua aspek kompetensi yang meliputi
kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif dan dilakukan oleh semua guru.
a. Kemampuan kognitif dilaksanakan
melalui:
1)
Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester
(UTS) dan Ulangan Akhir Semester (UAS)
Hasil ulangan (ulangan harian/UTS/UAS) dibagikan kepada
peserta didik untuk ditandatangani oleh orang tua dan dikumpulkan oleh guru Mata pelajaran menjadi
portofolio nilai ulangan peserta didik yang akan menjadi pertimbangan dalam
kenaikan, penjurusan dan kelulusan peserta didik.
2)
Tugas Terstruktur (PT)
3)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
(KMTT)
4)
Semua guru diwajibkan memiliki program
remedial yang dibuat awal tahun yang berisi tentang aturan bagi peserta didik
yang harus mengikuti remedial. Setelah melaksanakan remedial (apabila ada) guru
membuat laporan yang berisi
tentang siapa yang diremedial, kapan diremedial dan bentuk remedialnya.
b. Kemampuan afektif dan psikomotor
penilaiannya diintegrasikan ke dalam penilaian kognitif dan praktik serta
penilaiannya diserahkan ke guru masing-masing serta hasil akhir
penilaian disesuaikan dengan dominasi ranah.
c. Penilaian
Kelompok Mata
Pelajaran
Penilaian akhir hasil belajar peserta didik kelompok Mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok Mata pelajaran kewarganegaraan
dan kepribadian, kelompok Mata
pelajaran pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan, dan kelompok Mata pelajaran estetika selain oleh guru Mata pelajaran masing-masing, juga dipertimbangkan
dan dimusyawarahkan dengan semua guru yang dilaksanakan melalui rapat guru
dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku.
D.
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kriteria Kenaikan
Kelas
1.
Kenaikan kelas
dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran
2.
Kenaikan kelas
dipertimbangkan berdasarkan nilai rapor semester genap pada tahun pelajaran yang telah
berjalan
3.
Kenaikan kelas
ditetapkan dengan rapor dengan format yang telah ditentukan.
4.
Peserta didik
dinyatakan naik kelas apabila:
a)
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada tingkat yang ditempuh
b)
Memiliki
nilai rata-rata rapor minimal sama dengan rata-rata KKM.
c)
Memiliki nilai
kurang/belum tuntas paling banyak empat mata pelajaran
pada semester genap.
d)
Ketidak hadiran
kurang dari 5 % tanpa keterangan
e)
Memiliki nilai
kepribadian, akhlak mulia, dan pengembangan diri minimum baik.
1.
Ketentuan Umum :
1)
Memenuhi nilai
akhlaq/tidak memiliki catatan negatif nilai afektif
2)
Memiliki semua
nilai pelajaran yang diujikan
3)
Mencapai nilai
komulatif KKM seluruh pelajaran
4)
Kehadiran setiap mata Pelajaran
mencapai 80
%
5)
Nilai Pelajaran Aqidah
dan Fiqh Mencapai Nilai KKM
2.
Ketentuan Khusus:
1.
Kenaikan kelas satu ke kelas dua :
a. Tuntas pada mata pelajaran
berikut : Aqidah, Fiqh, Tarikh Islam, Al-Qur'an Hadits, dan Tamrin Lughah.
b. Hanya
ada satu nilai di bawah KKM
pada pelajaran-pelajaran
berikut : Muthala’ah, Imla, dan Mahfudzat.
c.
Boleh ada tiga nilai di bawah KKM pada pelajaran-pelajaran selain tersebut di atas.
2.
Kenaikan kelas dua ke kelas tiga :
a. Tuntas pada mata pelajaran
berikut : Aqidah, Al-Qur'an Hadits,
Fiqh, Tarikh Islam, Tajwid, dan Tamrin Lughah.
b. Hanya
ada satu nilai di bawah KKM
pada pelajaran-pelajaran
berikut : Muthala’ah, Imla, Mahfudzat, Nahwu dan Sharaf.
c.
Boleh ada tiga nilai di bawah KKM pada pelajaran-pelajaran selain tersebut di atas.
3.
Kenaikan kelas tiga ke kelas empat :
a. Tuntas pada mata pelajaran
berikut : Aqidah, Hadits, Fiqh, dan Tarikh Islam.
b. Hanya
ada satu nilai di bawah
KKM pada
pelajaran-pelajaran berikut : Muthala’ah, Nahwu dan Sharaf.
c.
Boleh ada tiga nilai di bawah KKM pada pelajaran-pelajaran selain tersebut di
atas.
4.
Kenaikan kelas empat ke kelas lima :
a. Tuntas pada mata pelajaran
berikut : Aqidah, Tafsir, Fiqih, Ushul Fiqh dan Ulumul Hadits.
b. Hanya ada satu nilai di
bawah KKM pada
pelajaran-pelajaran
berikut : Mutholaah,
Nahwu.
c. Boleh ada tiga nilai dibawah KKM pada pelajaran-pelajaran selain tersebut di
atas.
d. Mata pelajaran Penjurusan tidak boleh kurang dari KKM.
5.
Kenaikan kelas lima ke kelas enam :
a. Tuntas pada mata pelajaran
berikut : Aqidah,Tafsir,
Fiqih, dan Ushul Fiqh.
b. Hanya
ada satu nilai di bawah KKM
pada pelajaran-pelajaran
berikut :Mutholaah,
Nahwu.
c. Boleh
ada tiga nilai dibawah KKM pada pelajaran-pelajaran selain tersebut di
atas.
d. Mata
pelajaran Penjurusan tidak boleh kurang dari KKM.
b.
Tindak Lanjut Bagi Peserta Didik yang Tidak
Naik Kelas
1.
Peserta didik yang
tidak naik wajib mengulang pada kelas yang sama pada
tahun pelajaran berikutnya.
2.
Peserta didik yang
mengulang pada kelas yang sama dan tidak naik tidak boleh mengulang pada tahun
pelajaran berikutnya.
c.
Kriteria Kelulusan
1.
Lulus Madrasah:
Peserta
didik dinyatakan lulus jika:
a.
Menyelesaikan seluruh program
pembelajaran
b.
Telah mengikuti ujian tertulis seluruh
Mata pelajaran
yang diujikan
c.
Telah mengikuti ujian praktek Mata pelajaran yang
diujikan
d.
Memiliki nilai rata-rata minimal 60
dari seluruh Mata pelajaran yang diujikan
e.
Ketidakhadiran di
semester 2 kurang dari 5 % tanpa keterangan
2.
Lulus Pondok
Peserta didik dinyatakan lulus pondok jika:
a.
Memiliki nilai
kepribadian dan akhlak mulia minimal baik.
b.
Hasil Ujian Tahfidz baik sesuai
standar 4 juz.
c.
Hasil Nilai Ujian Pondok rata-rata
minimal 65. Mata pelajaran ujian pondok meliputi: Aqidah Akhlaq, Ushul Fiqh,
Tahfidh, Nahwu, Sharaf, Mutholaah, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits
d.
Hasil Nilai Amaliyah Tadris baik
e.
Hasil Nilai Taftisy Kutub baik
f.
Hasil Nilai Fathul Kutub baik
g.
Menyelesaikan Karya Tulis
h.
Mengikuti kegiatan
Muballigh Hijrah
i.
Mengikuti kegiatan
Bakti Sosial
j.
Mengikuti kegiatan
Wakaf Amal
k.
Mengikuti kegiatan
Pembekalan kemasyarakatan
d. Tindak Lanjut Peserta Didik yang Tidak Lulus
Peserta didik yang tidak lulus dapat mengulang pada kelas
yang sama
tahun pelajaran berikutnya atau ujian
kejar paket sesuai peraturan yang berlaku.
e.
Kriteria Penjurusan di Kelas 4:
1.
Hasil tes IQ santri
2.
Angket BK tentang minat santri
3.
Untuk peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu-Ilmu
Sosial (IIS) mempertimbangkan nilai-nilai UNBK dan rekomendasi guru.
E.
Standar Kompetensi Lulusan Pondok Pesantren
Ibnul Qoyyim
1. Melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan keseharian baik di dalam ataupun di luar pesantren.
2. Mempunyai kepribadian
yang sesuai dengan al-Qur’an dan Hadits.
3.
Mencari dan
menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara
logis, kritis, dan kreatif.
4.
Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
5.
Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
6.
Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup
nasional.
8.
Memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab.
9.
Menerapkan
nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
10. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
11. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
12. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat.
13. Menghargai adanya perbedaan pendapat.
14. Mempunyai kepribadian yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab atas amanah
yang diberikan.
15. Mempunyai jiwa
pendidik yang berakhlak mulia.
16. Membiasakan diri dengan
berpenampilan yang baik.
17. Mampu mendidik dan mengajar dengan metode yang benar.
18. Mempunyai jiwa disiplin dan konsekuen dengan tugas yang diberikan.
19. Mampu mengarahkan diri sendiri dan orang lain kepada tuntunan yang benar.
20. Menjadikan pendidikan
sebagai sarana dakwah dan tabligh.
21. Menjadikan kemampuan bahasa sebagai sarana untuk menggali sumber-sumber ajaran
Islam dan sarana berdakwah kepada umat.
22. Mempunyai jiwa
kepemimpinan dan kemampuan manajemen (keorganisasian) yang baik.
23. Mempunyai jiwa yang kuat dan pantang menyerah dengan tugas dan amanah yang
diberikan.
24. Mempunyai kesungguhan
dalam belajar dan mengamalkan ajaran Islam.
25. Mempunyai jiwa
yang ikhlas dan jauh dari sikap komersial.
26. Menjalankan
tugas dan kewajiban di dalam dan di luar pesantren dengan tulus dan penuh
tanggung jawab.
PEMBAGIAN TUGAS
MAJLIS PIMPINAN PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM
D.I YOGYAKARTA
A. DEWAN PERTIMBANGAN PENGASUH
1.
KH. Dr. Khoirudin
Bashori, M.Si
2.
KH. Anas Mahdhuri,
MA
3.
H. Muhammad
Yahmin, BA
4.
KH. Cholid Mahmud,
MT
5.
H. Ahmad Fuad, SE
6.
H. Drs. Agus
Pitono
7.
Wildan Zia
Muhammad Dani, SE
B. MAJLIS
PIMPINAN PONDOK PESANTREN
Kyai/Pengasuh |
: Kyai M. Najib
Hisyam |
Sekretaris |
: Khazinatul
Husna, S.Pd.I. |
Bendahara |
: Dhimas
Rhomaulian Utomo, S.Pd.I |
Humas |
: Annisa
Zulfa Latifa, S.K.M |
Kerumahtanggaan |
: H. Muhammad
Yahmin, BA : H. Miftahul Huda, A.Md : H. Budiman
al-Hafizh |
Penelitian dan
Pengembangan |
: KH.
Purwadi Pangestutiyas, S.Pd. : H. M. Irfan
Syaifuddin, M.H.I. |
Pengembangan
Fisik Bangunan |
: H. Rahmat
Basuki, MT. : Arif Muammar,
ST. |
C. KULLIYATUL
MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH
Direktur KMI |
: |
Kepala MA |
: Dhimas Rhomaulian Utomo, S.Pd.I. |
Kepala MTs |
: Bayu Arif Kurnia, S.Pd. |
WAKAUR |
|
A.
Kurikulum |
: Iksan Taufik Hidayanto, S.Pd. : Hendriana Wijaya, S.Hum. |
B.
Kesiswaan |
: Winarni, ST : M.
Dahlan Aka, S.Pd. |
C.
Humas |
: H. Burhanadi Nurdin, S.Ikom : Dra. Hj. Iin
Qurratul `Aini |
D.
Sapra |
: Muhammad Rizal, S.Pd. : Irvan Maulana Aji, S.Pd. |
STAFF
PEMBANTU |
|
1.
Ka. Lab.
Komputer |
: Muh. Wahid Wahab, S.Si. |
2.
Pustakawan |
: Rian Musthofa, SE |
3.
Koperasi |
: Winda Anggraini, S.Pd.I |
4.
BK |
: Nidaul Jannah
Sasmita, S.Psi |
|
|
TATA
USAHA |
|
Kepala TU |
: Herlin Wahyuningsih, SE |
Sekretaris |
: Fakihaulia Rahman, S.Pd. : Faiq Nashrullah |
Dokumentasi |
: Misti Rohayati |
Kurir |
: Ahmad Syafiq
Muharrom |
Penjaga |
: Aprizal |
Bendahara |
: Ade Kriyadi Sholeh W, S.Sos. : Tri Winarni, S.Pd. : Winda Anggraini,
S.Pd.I |
D. KEPENGASUHAN
Pengasuh/Kyai |
: Kyai M. Najib Hisyam |
Kepala Pengasuhan |
: M.
Fajar Nur Rachmat, Lc |
Koord. Kesekretariatan |
: Fakihaulia Rahman, S.Pd. |
Sekretaris |
: Hafiz Amir Naufal |
Bendahara |
: Pramujito |
Koord. Pengembangan |
: M. Jundi Rabbani, S.Sos. |
Pembina
Bahasa |
: M. Ghozy al-Fatah : Riski Maulana Afandi : Hafizh Radityatama |
Bagian Rivan |
: Abdullah Nafi SQ : Muhyidin Salim |
Ka - Mabikori |
: Irvan Maulana Aji. S.Pd. : M. Adam Fernanda |
Koord. Kesantrian |
: Muhammad Rifki |
Kedisiplinan |
: Faiq Nashrullah : Chechen Asykar A : Hafidh Mumtaz |
Tarbiyah wa Ta’lim |
: Abdullah Rafi SQ : Khalid KH Halil |
Bagian
Kesehatan, Kebersihan dan Lingkungan |
: Alwi Taufiqurrahman : Misbahul Munir : Hafiz Amir Naufal |
Koord. Logistik |
: Bangkit Sholahudin |
Bagian Dapur |
:
Muhammad Abdul Aziz : M. Adam Fernanda |
Bagian Sarana dan Prasarana |
: Abdullah Afif Muktasim : Aprizal |
Koord. Tahfizh |
: Ghozi Abdul Malik |
Sekretaris Tahfizh |
: Azzam Daffa |
Bendahara Tahfizh |
: Azzam Daffa |
PJ Musyrif Tahfizh |
: Khoirul Iksan |
Bagian BMT dan Tabungan |
: Pramujito |
DAFTAR WALI KELAS
KMI PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
KELAS |
WALI KELAS |
NO TELPON |
Kelas I A |
Hamida Nur
Rahmawati, S.Pd |
0896-3754-5210 |
Kelas I B |
M. Jundi
Rabbani, S.Sos |
0812-1047-4664 |
Kelas II A |
Muhammad Rizal.
S.Pd.Si |
0857-1285-1813 |
Kelas II B |
Sri Utami
Ningrum, S.Pd |
0896-8767-6318 |
Kelas III A |
Novi Kustanti,
S.Pd |
0858-6855-6773 |
Kelas III B |
Desi Tipika
Sari, S.Pd |
0823-2222-1925 |
Kelas TH |
Irvan Maulana
Aji, S.Pd |
0838-7009-0028 |
Kelas IV IPA |
M. Wahid Wahab,
S.Si |
0832-1220-7317 |
Kelas IV IPS |
Sony
Solehantoro, S.Pd |
0857-2960-2176 |
Kelas V IPA |
Winarni, ST |
0878-3972-5456 |
Kelas V IPS |
Tri Winarni,
S.Pd |
0878-3932-9898 |
Kelas VI IPA |
Suswanti, S.Si,
M.Sc. |
0856-4325-6625 |
Kelas VI IPS |
M. Rizki
Dzikrullah, S.Pd, Gr |
0821-3832-2564 |
DAFTAR
MUSYRIF KAMAR
PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
NO |
KAMAR |
MUSYRIF |
NO TELPON |
1 |
Darul Mu’min |
: Ust.
Hafiz Amir Naufal : Ust.
Muhyidin Salim |
:
0813-1995-4775 :
0857-2657-4310 |
2 |
Darul Mu’allimin |
: Ust. Fakiha
Aulia Rahman, S.Pd. : Ust. Abdullah
Nafi SQ |
:
0821-3398-4574 :
0814-7661-7264 |
3 |
Darul Muballighin |
: Ust. M. Ghozi
Al Fatah |
:
0813-3573-8531 |
4 |
Darul Mujahidin |
: Ust. Riski
Maulana Efendi : Ust.
M. Adam Fernanda |
: 0895-3922-05850 :
0813-9081-5496 |
5 |
Darul Mukhlisin |
: Ust. Bangkit
Sholahudin : Ust. Khoirul
Iksan |
: 0895-2000-6206 :
0821-3555-8859 |
6 |
Darul Muhajirin |
: Ust. Ghozi
Abdul Malik : Ust. Aprizal |
:
0813-7102-6144 :
0822-2622-3962 |
7 |
Darul Fitroh |
: Ust.
Abdullah Afif M : Ust. Hafidh
Mumtaz |
: 0838-0593-1653 :
0881-7667-664 |
8 |
Darul Anshor |
: Ust. M. Rifki
: Ust. Ahmad
Syafiq M |
:
0896-7282-3234 :
0858-7605-5229 |
9 |
Hasuna 1 |
: Ust. Pramujito : Ust. Azzam
Daffa |
:
0813-2899-8443 :
0812-2854-6806 |
10 |
Hasuna 2 |
: Ust. Faiq
Nashrullah : Ust. Abdullah
Rafi SQ |
:
0821-3836-5085 :
0895-3637-54721 |
11 |
Multazam 1 |
: Ust. M. Abdul
Aziz : Ust. Checen
Asykar |
:
0877-4995-5554 :
0895-2033-2227 |
12 |
Multazam 2 |
: Ust. Misbahul
Munir : Ust. Khalid
KH Halil |
:
0819-1448-7747 : 0895-3006-6958 |
STRUKTUR KURIKULUM
PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
D.I.
YOGYAKARTA
KALENDER AKADEMIK
PONDOK PESANTREN IBNUL
QOYYIM PUTRA
D.I YOGYAKARTA
NO |
Tanggal |
Keterangan |
1 |
6 – 10 Juli 2020 |
MOS/Khutbatul ‘Arsy |
2 |
13 Juli 2020 |
Apel Awal KBM Semester 1 |
3 |
20 Juli 2020 |
Hari
Raya Idul Adha 1442
H |
4 |
17 Agustus 2020 |
Upacara
Hari Kemerdekaan RI |
5 |
10 Agustus 2020 |
Tahun
Baru Islam 1443
H |
6 |
11 – 23 September 2020 |
Penilaian
Tengah Semester 1 |
7 |
19 Oktober 2020 |
Maulid
Nabi Muhammad SAW |
8 |
20 November – 8 Desember 2020 |
Penilaian
Akhir Semester 1 |
9 |
9 - 10 Dersember 2020 |
Remidi
PAS Semester 1 |
10 |
11 - 17 Desember 2020 |
Kegiatan Akhir Semester |
11 |
18 Desember 2020 |
Pembagian
Raport Semester 1 |
12 |
18 - 29 Desember 2020 |
Liburan
Semester (Kelas I-V KMI) |
13 |
21 - 22 Desember 2020 |
Bakti
Sosial Santri (Kelas VI KMI) |
14 |
29 Desember 2020 |
Kedatangan santri Pasca Liburan |
15 |
1 – 2 Januari 2021 |
Class matching (Kegiatan Pengasuhan) |
16 |
3 Januari 2021 |
Awal KBM Semester 2 |
17 |
3 - 7 Januari 2021 |
Amaliyah Tadris Kelas VI KMI |
18 |
1 Maret 2021 |
Isra’ Mi’raj |
19 |
5 - 17 Maret 2021 |
Penilaian
Tengah Semester 2 |
20 |
22 – 31 Maret 2021 |
Perkiraan
Ujian Sekolah
MA |
21 |
5 – 8 April 2021 |
Perkiraan
Ujian Sekolah
MTs |
22 |
10 April 2021 |
Perkiraan Ujian PSB Gel 2 |
23 |
2 - 3 April 2021 |
Libur Awal Ramadhan |
24 |
21 April – 15 Mei 2021 |
Libur Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H |
25 |
28 Mei – 14 Juni 2021 |
Penialain
Akhir Tahun |
26 |
23 Juni 2021 |
Pembagian
Raport Semester 2 |
27 |
24 Juni – 1 Juli 2021 |
Libur Semester 2 |
NB :
Jadwal kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu
JADWAL KEGIATAN HARIAN DAN
MINGGUAN SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
JADWAL KEGIATAN HARIAN
03.30 - 04.00 :
Qiyamullail
04.00 - 04.30 : Qiro’atul Qur’an
04.30 - 05.00 : Sholat Shubuh berjama’ah
05.00 - 05.30 : Pembinaan Bahasa Arab/Inggris
05.30 - 06.45 : Piket Harian, MCK
dan makan pagi
06.45 - 07.00 : Persiapan masuk
kelas
07.00
- 11.45 :
Kegiatan belajar mengajar di kelas, sholat Dhuha
11.45 - 12.10 : Sholat Dzuhur berjama’ah
12.10 - 13.30 : Kegiatan belajar
mengajar di kelas kecuali hari
Kamis
13.30 - 14.00 : Makan siang
14.00 - 14.30 : Istirahat siang
14.30 - 15.30 : Sholat Ashar
berjama’ah dan Qiro’atul Qur’an
15.30 - 17.30 : MCK atau Kegiatan
Ekstra (sesuai jadwal)
17.30 - 19.00 : Sholat Maghrib
berjama’ah, Halaqoh Kamar
19.00 - 19.30 : Sholat Isya’
berjama’ah
19.30 - 20.15 : Makan malam dan
persiapan belajar malam
20.15 - 21.30 : Belajar malam,
Muhadhoroh/public speaking
(sesuai jadwal)
21.30 - 03.30 : Istirahat
JADWAL KEGIATAN MINGGUAN
Hari |
Waktu |
Kegiatan |
Sabtu |
05.00 - 05.30 |
Tahfidzul Qur’an |
15.30 - 17.00 |
Tapak Suci |
|
Maghrib - Isya’ |
Tahsin dan Tasmi’ |
|
Ahad |
05.00 - 05.30 |
Muhadatsah |
15.30 - 17.00 |
Ekstrakurikuler pilihan |
|
Maghrib - Isya’ |
Taushiyah umum |
|
Senin |
05.00 - 05.30 |
Tahfidzul Qur’an |
15.30 - 17.00 |
Olahraga |
|
20.00 –
21.30 |
Muhadhoroh/Public Speaking |
|
Selasa |
05.00 - 05.30 |
Ilqoul Mufrodat |
15.30 - 17.00 |
Pramuka |
|
Maghrib - Isya’ |
Qiroatul Qur’an |
|
Rabu |
05.00 - 05.30 |
Ilqoul Mufrodat |
15.30 - 17.00 |
Ekstrakurikuler pilihan |
|
Maghrib - Isya’ |
Taushiyah per kamar |
|
Kamis |
05.00 - 05.30 |
Tahfidzul Qur’an |
13.00 - 14.00 |
Kegiatan siang |
|
20.00 - 21.30 |
Muhadhoroh/Public Speaking |
|
Jum’at |
05.00 - 06.00 |
Muhadatsah |
06.00 - 07.30 |
Olahraga |
|
07.30 - 08.30 |
Kerja bakti masal |
|
Maghrib - Isya’ |
Halaqoh bersama musyrif |
AGENDA BULANAN
Pekan Pertama
(Kamis sore s/d Jumat sore) : Perpulangan Santri
Jum’at Ke-tiga
(13.00-16.30) : Perizinan Santri
TATA
TERTIB SANTRI
PONDOK
PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA
BAB I : Aqidah
a.
Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Mengikuti
aqidah yang benar berdasarkan kepada Al-Quran dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman Salafus Sholih |
2 |
Memahami,
mengamalkan, dan mendakwahkan aqidah Islamiyyah di dalam dan luar lingkungan
pesantren |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Mengikuti
dan menyebarkan Aqidah yang batil |
Berat |
2 |
Menolak
Aqidah yang benar |
Berat |
BAB II : Berakhlakul Karimah
(Bergaul)
a.
Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Berakhlak
baik dalam bergaul |
2 |
Menghormati
ustadz, ustadzah, dan orang yang lebih tua serta menyayangi yang lebih muda |
3 |
Saling
menghormati dan tolong menolong kepada sesama |
4 |
Mengucapkan
salam bila bertemu sesama muslim dan ketika masuk/keluar ruangan |
5 |
Menghindari
sifat iri dan dengki dengan sesama. |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Menyemir
rambut |
Ringan |
2 |
Menyimpan
foto dan gambar yang bukan
mahromnya |
Ringan |
3 |
Mencoret-coret
di sembarang tempat |
Ringan |
4 |
Mencukur rambut tidak
rapi/wajar |
Sedang |
5 |
Mengadakan
tahkim (persidangan) di luar kewenangan yang ditetapkan |
Sedang |
6 |
Membentuk
dan menjadi anggota genk di dalam
maupun di luar pesantren |
Sedang |
7 |
Bersikap/berbuat
kasar kepada pengurus dan sesama santri |
|
a.
Bersikap/berbuat/berkata
kasar terhadap adik kelas atau sebaliknya |
Sedang |
|
b.
Menantang, mengancam, dan
memberi julukan buruk |
Sedang |
|
c.
Menghina, mengejek, dan
merendahkan pengurus dan sesama santri melalui media apapun |
Sedang |
|
8 |
Bersikap/
berbuat kasar kepada orang yang lebih tua/pengasuh |
|
a.
Mengeluarkan kata-kata
kotor, misuh, dan menghina |
Berat |
|
b.
Menantang, mengancam, dan
memberi julukan buruk |
Berat |
|
c.
Menghina, mengejek, dan
merendahkan ustadz/ustadzah melalui media apapun |
Berat |
|
9 |
Berhubungan
dengan lawan jenis yang bukan mahrom
di dalam atau di luar lingkungan pondok pesantren melalui media maya ataupun
dunia nyata selama menjadi santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. |
Berat |
10 |
Menganiaya,
mengintimidasi, atau menghakimi sesama warga pesantren |
Berat |
11 |
Memeras atau memaksa
teman/orang untuk memberikan barang atau melakukan hal-hal yang dilarang oleh
agama Islam dan atau bertentangan dengan peraturan Pondok Pesantren. |
Berat |
12 |
Berhubungan/berteman
melampaui batas hingga mengarah ke perbuatan liwath atau bondet |
Berat |
13 |
Mengambil
barang yang bukan miliknya (mencuri) |
Berat |
14 |
Melakukan
tindakan asusila/pelecehan seksual |
Berat |
15 |
Merusak
nama baik pondok pesantren dengan sengaja maupun tidak sengaja, melalui media apapun |
Berat |
BAB III : Berpakaian
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Menggunakan
pakaian syar’i (menutup aurat/bukan celana ¾) |
2 |
Celana
¾ hanya boleh dipakai ketika olahraga (atas izin pembimbing) |
3 |
Berseragam
PRAMUKA lengkap dalam kegiatan pramuka |
4 |
Menggunakan
baju koko, sarung, dan peci setiap sholat berjamaah, kecuali sholat dzuhur
(boleh mengenakan seragam) |
5 |
Menggunakan
pakaian olahraga selama kegiatan olahraga |
6 |
Menggunakan
pakaian sesuai dengan instruksi ketika muhadoroh
(public speaking) |
7 |
Berpakaian
bersih dan rapi di dalam maupun di luar lingkungan pesantren sesuai dengan
situasi dan kondisi |
8 |
Berpakaian seragam perizinan saat keluar pondok |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Membawa dan memakai cincin,
gelang, kalung, tindik dan rantai |
Ringan |
2 |
Menggunakan
baju ketat dan berkerut |
Ringan |
3 |
Membawa
dan memakai pakaian atau atribut politik ataupun golongan. |
Ringan |
4 |
Membawa
dan menggunakan pakaian berbahan jeans dan semi jeans |
Ringan |
5 |
Membawa
dan Menggunakan pakaian berbahan transparan |
Ringan |
6 |
Berganti
baju di sembarang tempat atau di luar ruangan |
Ringan |
7 |
Membawa
pakaian lebih dari jumlah yang ditentukan (max 10 stel) |
Ringan |
8 |
Membuat
seragam tanpa seizin pengasuhan kecuali organisasi |
Sedang |
9 |
Membawa baju yang berbau politik, musik, golongan yang
tidak baik menurut agama Islam |
Sedang |
BAB IV : Makan & Minum
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Makan
tepat waktu di tempat yang telah disediakan |
2 |
Mempunyai
peralatan makan dan minum |
3 |
Menjaga
adab makan dan minum |
4 |
Mencuci
peralatan makan dan minum sendiri |
5 |
Tidak
berlaku tabdzir |
6 |
Memakan makanan yang halal dan thayib |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Makan
dan minum berdiri |
Ringan |
2 |
Makan
tidak pada waktunya |
Ringan |
3 |
Makan
di kamar tanpa seizin pengurus |
Ringan |
4 |
Mengambil
lauk melebihi haknya |
Ringan |
5 |
Tidak
memiliki peralatan makan |
Ringan |
6 |
Membeli
makanan dan minuman di luar Pesantren |
Ringan |
7 |
Berlaku
tabdzir dan mencela makanan dan minuman |
Ringan |
8 |
Mengkonsumsi
sesuatu yang memabukkan |
Berat |
9 |
Mengkonsumsi
sesuatu yang bisa membahayakan jiwa/merusak badan |
Berat |
BAB V : Tidur
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Tidur
di waktu dan tempat yang telah ditentukan |
2 |
Memiliki
dan menggunakan perlengkapan tidur masing-masing |
3 |
Menjaga
ketenangan di kamar |
4 |
Berpakaian
tidur |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Membuat
kegaduhan pada jam tidur |
Ringan |
2 |
Tidur
tidak pada tempatnya (kamar orang lain) |
Ringan |
3 |
Tidur dengan mengenakan
sarung, celana pendek, atau celana training |
Sedang |
4 |
Tidur
sekasur atau satu selimut berdua |
Berat |
BAB VI : Perizinan Keluar
Lingkungan Pondok
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Meminta
izin kepada bagian perizinan atau
bagian keamanan santriwan ketika meninggalkan pondok dan melapor ketika
kembali |
2 |
Meminta izin sesuai
dengan prosedur yang telah ditentukan |
3 |
Menggunakan
seragam perizinan saat izin keluar dan atau perpulangan kemudian melapor ketika keluar
lingkungan pondok |
4 |
Mengambil
dan menyerahkan bukti perizinan ketika
kembali kepondok |
5 |
Membayar
administrasi perizinan sesuai dengan ketentuan |
6 |
Izin selain hari perizinan hanya diperkenankan
apabila : |
a.
sakit (atas rekomendasi bagian
kesehatan pesantren) |
|
b.
takziah bagi keluarga terdekat |
|
c.
pernikahan saudara kandung |
|
d.
wisuda saudara kandung (Tingkat Perguruan Tinggi) |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Mengikuti
kegiatan di luar pondok dan mengadakan acara sendiri kecuali telah medapatkan
izin dari pondok |
Sedang |
2 |
Terlambat
datang ke pondok |
Sedang |
3 |
Ijin
tanpa pamit dan kembali tanpa laporan |
Sedang |
4 |
Menyalahgunakan
perizinanan |
Sedang |
5 |
Meninggalkan
pondok tanpa izin (Kabur) |
Sedang |
BAB VII : Ketertiban dan
Keamanan
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Menjaga
ketertiban dan keamanan pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
2 |
Mengikuti
pengabsenan malam jam 21.30 WIB |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Berada
dikamar ketika jam belajar malam |
Ringan |
2 |
Membawa
poster, majalah, novel, komik dan VCD yang tidak
mendidik |
Ringan |
3 |
Menggunakan
softlens |
Ringan |
4 |
Menggunakan jasa online shop dan delivery
order |
Sedang |
5 |
Merayakan
ulang tahun |
Sedang |
6 |
Membawa
hewan peliharaan |
Sedang |
7 |
Membunyikan
bel kecuali yang bertugas |
Ringan |
8 |
Memasuki
ruang dapur pesantren, kantor, dan kamar ustad / ustadzah tanpa izin |
Sedang |
9 |
Membawa kompor dan gas
dalam bentuk apapun |
Sedang |
10 |
Memasuki
kantor pengurus tanpa izin |
Sedang |
11 |
Berkunjung
atau menginap di rumah penduduk |
Berat |
12 |
Membawa
rokok dan merokok selama belajar di pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra |
Berat |
13 |
Berkelahi,
membuat keributan atau kekacauan dalam bentuk apapun |
Berat |
14 |
Membawa,
menyewa, menitipkan, dan meminjam kendaraan di lingkungan pondok. (kecuali mendapat izin dengan prosedur
yang telah ditentukan/membawa surat izin dari orangtua) |
Berat |
15 |
Membawa
dan menitipkan alat – alat elektronik (HP,
Laptop, headset, dll) dan alat musik pribadi |
Berat |
16 |
Membawa,
memakai, mengkonsumsi dan
mengedarkan obat terlarang serta
konsumsi yang memabukkan |
Berat |
17 |
Mengadakan
kegiatan kegiatan pribadi atau kelompok dengan mengatasnamakan pesantren
tanpa seizin/sepengetahuan pesantren |
Berat |
BAB VIII : Keorganisasian
a. Kewajiban
NO |
Kewajiban |
1 |
Bersedia
ditunjuk sebagai pengurus |
2 |
Mentaati
tata tertib kepengurusan |
3 |
Berkonsultasi
dengan pembimbing |
4 |
Memiliki
atribut kepengurusan |
5 |
Mengikuti
musyawarah bulanan kepengurusan |
6 |
Mengikuti
seluruh kegiatan OSIQ dan Pramuka |
7 |
Bersikap
adil dan amanah dalam melaksanakan tugas |
b. Larangan
NO |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Membuat
organisasi ilegal (Selain OSIQ dan Pramuka) |
Sedang |
2 |
Meremehkan
tugas-tugas kepengurusan |
Sedang |
3 |
Tidak
bersedia menjadi pengurus (OSIQ dan Pramuka) |
Berat |
4 |
Tidak
menjaga nama baik pengurus |
Sedang |
5 |
Melanggar
tata tertib pengurus |
Sedang |
6 |
Memecah
belah pengurus |
Sedang |
7 |
Menyalahgunakan
administrasi kepengurusan |
Berat |
8 |
Tidak
mengikuti seluruh kegiatan OSIQ dan Pramuka |
Sedang |
9 |
Mengikuti organisasi atau kegiatan
organisasi di luar pesantren kecuali
atas seizin pesantren |
Berat |
10 |
Menyalahgunakan
jabatan |
Berat |
11 |
Mengikuti perlombaan di luar pesantren tanpa seizin pesantren |
Sedang |
BAB IX : Ta’lim
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Sholat
berjamaah di masjid |
2 |
Mengikuti
kegiatan ta’lim sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan |
3 |
Menjaga
ketertiban dan ketenangan selama berada di masjid |
4 |
Menjaga
kebersihan masjid |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Terlambat sholat |
Ringan |
2 |
Membuat kegaduhan di masjid |
Ringan |
3 |
Meninggalkan sholat berjamaah fardhu dimasjid |
Sedang |
4 |
Meninggalkan sholat wajib dengan sengaja |
Berat |
BAB X : Bahasa
a. Kewajiban
NO |
Kewajiban |
1 |
Menggunakan
bahasa resmi (Arab dan Inggris) |
2 |
Mentaati
tata tertib bagian bahasa |
3 |
Mengikuti
kegiatan bagian bahasa |
4 |
Menjaga
inventaris bagian bahasa |
5 |
Memiliki
kamus bahasa Arab dan Inggris |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Tidak
memiliki kamus bahasa Arab dan Inggris |
Ringan |
2 |
Tidak
berbicara menggunakan bahasa resmi |
Ringan |
3 |
Tidak
mengikuti kegiatan bagian bahasa tanpa udzur |
Ringan |
4 |
Merusak
kaidah bahasa resmi |
Sedang |
BAB XI : Kebersihan
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan |
2 |
Memiliki potongan rambut rapi |
3 |
Memotong kuku minimal satu pekan sekali |
4 |
Mengambil jemuran masing-masing |
5 |
Menyimpan barang pribadi di almari masing-masing |
6 |
Membuang sampah pada tempatnya |
7 |
Melaksanakan piket sesuai jadwal yang ditentukan |
8 |
Menjemur pakaian di tempat yang telah disediakan |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Memiliki rambut tidak rapi |
Ringan |
2 |
Memiliki kuku panjang |
Ringan |
3 |
Mengambil jemuran yang bukan miliknya |
Ringan |
4 |
Membuang sampah di sembarang tempat |
Ringan |
5 |
Meletakkan alat pribadi di sembarang tempat |
Ringan |
6 |
Tidak mencuci peralatan makan |
Ringan |
7 |
Tidak melaksanakan piket sesuai jadwal yang telah
ditentukan |
Ringan |
8 |
Menjemur pakaian di sembarang tempat |
Ringan |
9 |
Merendam pakaian lebih dari 24 jam |
Ringan |
BAB XII : Kesehatan
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Melapor
kepada bagian kesehatan ketika sakit dan atau ketika ada anggota kamar yang
sakit |
2 |
Memiliki
obat pribadi bagi yang mempunyai riwayat penyakit khusus |
3 |
Bagi
yang piket kamar mengambilkan makan anggotanya yang sakit |
4 |
Bersedia
dirawat di UKS ketika sakit |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Mengabaikan teman yang sakit (tidak melapor) |
Ringan |
2 |
Tidak mengambilkan makan ketika ada anggota kamar yang
sakit (bagi yang piket kamar atau
rayon) |
Ringan |
3 |
Mengambil/merusak inventaris bagian kesehatan |
Ringan |
4 |
Tidak bersedia dirawat di UKS ketika sakit |
Ringan |
5 |
Tidak melapor ketika mempunyai riwayat penyakit khusus |
Ringan |
6 |
Berpura-pura sakit |
Sedang |
BAB XIII : Riyadhoh wal
faniyah
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Mengikuti
ekstrakurikuler wajib bagi kelas I, II KMI, dan Takhasus |
2 |
Mengikuti
minimal 1 ekstrakurikuler pilihan |
3 |
Mengikuti
kegiatan olahraga di hari Jum’at |
4 |
Mengikuti
semua kegiatan yang diadakan oleh bagian Olahraga dan Kesenian |
5 |
Memakai
inventaris bagian olahraga pada waktu yang telah ditentukan |
6 |
Memakai
seragam olahraga pada waktu yang telah ditentukan |
7 |
Menjaga
inventaris bagian olahraga dan kesenian |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi
|
1 |
Tidak
mengikuti ektrakurikuler wajib maupun pilihan |
Ringan |
2 |
Berolahraga
diluar jadwal yang telah ditentukan |
Ringan |
3 |
Tidak
mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pengurus |
Ringan |
4 |
Menyalahgunakan
inventaris bagian olahraga dan kesenian |
Ringan |
5 |
Merusak dan
menghilangkan inventaris bagian olahraga dan kesenian |
Sedang |
BAB XIV : Penerimaan Tamu
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Berpakaian syar’i ketika menemui tamu |
2 |
Memuliakan tamu |
3 |
Menerima tamu pada tempat dan waktu yang telah
ditentukan |
4 |
Mentaati tata tertib bagian penerimaan tamu |
5 |
Menunjukkan bukti mahrom ketika menerima tamu |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Tidak menjaga kebersihan ruang tamu |
Ringan |
2 |
Mengambil/merusak inventaris bagian tamu |
Ringan |
3 |
Tidak berpakaian syar’i
ketika menemui tamu |
Sedang |
4 |
Tidak memuliakan tamu |
Sedang |
5 |
Tidak menerima tamu pada tempat dan waktu yang telah
ditentukan |
Sedang |
6 |
Tidak menunjukkan bukti mahrom |
Sedang |
7 |
Melanggar tata tertib bagian penerimaan tamu |
Sedang |
8 |
Membawa wali atau tamu ke
lingkungan asrama |
Sedang |
9 |
Menemui tamu yang bukan mahrom |
Berat |
10 |
Santri dilarang menemui
santriwati/saudarinya tanpa wali |
Berat |
BAB XV : Koperasi
a. Kewajiban
No |
Kewajiban |
1 |
Menjaga
inventaris koperasi |
2 |
Menjaga
ketenangan saat berbelanja di Koperasi |
3 |
Membudayakan
antri |
b. Larangan
No |
Larangan |
Klasifikasi |
1 |
Membuat
kegaduhan di koperasi |
Ringan |
2 |
Memasuki
koperasi sebelum waktu buka yang ditentukan |
Ringan |
3 |
Berada di
koperasi tanpa ada keperluan |
Ringan |
4 |
Menyalahgunakan
inventaris koperasi |
Sedang |
5 |
Menitipkan
barang di koperasi tanpa izin |
Sedang |
6 |
Berinterekasi
berlebihan kepada seluruh Staff Koperasi |
Sedang |
7 |
Berhutang |
Sedang |
8 |
Mengambil
tanpa membayar |
Berat |
Hal-hal
yang belum/tidak tercantum dalam tata tertib akan ditetapkan kemudian.
Tahap/rincian
SANKSI yang akan dikenakan dan diberlakukan kepada santri yang melanggar tata
tertib dan disiplin Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim
No |
BOBOT
SANKSI |
SANKSI |
1 |
Ringan |
a.
Peringatan secara lisan b.
Peringatan secara lisan dan sanksi c.
Teguran lisan, sanksi, dan tugas |
2 |
Sedang |
a.
Peringatan dan sanksi b.
Peringatan, teguran, dan sanksi c.
Teguran tertulis, sanksi, dan tugas d.
Botak |
3 |
Berat |
a.
Penyitaan barang yang dilarang
Pesantren dan tidak dikembalikan b.
Teguran
tertulis, sanksi, tugas, dan botak c. Pemanggilan orang tua dan surat perjanjian di atas
materai d.
Pengembalian kepada orang tua |
Barang-barang sitaan yang sudah ditetapkan larangannya, apabila disita/diambil
tidak akan dikembalikan. |
NB :
·
Pelanggaran ringan akan terhapus dalam
satu semester
·
Pelanggaran sedang akan terhapus dalam
satu tahun
·
Pelanggaran berat berlaku selama
berstatus santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra
Tata tertib ini mulai
berlaku, setelah ditetapkan
di Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim
Putra pada 30
Juni 2020
PENUTUP
Demikianlah penyusunan Buku Pedoman dan Peraturan
Akademik santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Tahun Pelajaran 2020/2021
ini, tersusunnya buku panduan ini sebagai acuan bagi santri dan wali santri
dalam rangka menjalani proses pendidikan di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra
D.I. Yogyakarta.
Kami menyadari bahwa Buku Pedoman dan Peraturan Akademik santri
Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Tahun Pelajaran 2020/2021, masih terdapat
kekurangan oleh karenanya kami membuka diri atas masukan, saran, kritik yang
sifatnya membangun agar buku panduan ini lebih sempurna.
Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi
seluruh warga dan keluarga Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra D.I.Yogyakarta.
Dan semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan taufiq dan
hidayah kepada kita semua. AAMIIN.
D.I.
Yogyakarta, 30 Juni 2020
Pimpinan
Pondok
Pesantren Ibnul Qoyyim
Kyai M. Najib Hisyam
Lampiran
KEMENDIKBUD : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
KEMENAG : Kementerian Agama
SK : Standar
Kompetensi
KD :
Kompetensi Dasar
KMI :
Kulliyyatul Mu’allimin al-Islamiyah
KMA :
Kulliyyatul Mu’allimat al-Islamiyah
MGMP : Musyawarah
Guru Mata Pelajaran
SKHUN : Sertifikat
Keterangan Hasil Ujian Nasional
KBM :
Ketuntasan Belajar Minimum
PERMENDIKBUD : Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
NH : Nilai
Harian
PTS :
Penilaian Tengah Semester
PAS :
Penilaian Akhir Semester
PAT : Penilaian
Akhir Tahun
LHB : Lembar
Hasil Belajar
NR : Nilai
Rapot
BK :
Bimbingan Konseling
ROMBEL : Rombongan
Belajar
WAKA : Wakil
Kepala
PAI :
Pendidikan Agama Islam
MABIKORI : Majelis Pembimbing Koordinator
SURAT
PERNYATAAN
Saya, santri
KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim :
Nama :
_______________________________________
No. Induk : _______________________________________
Tahun
Masuk :
_______________________________________
Telah membaca dan memahami isi buku pedoman dan peraturan akademik santri
yang diberlakukan di KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Dengan penuh
kesadaran dan keikhlasan saya bersedia mematuhi dan melaksanakan pedoman dan
peraturan akademik santri KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra demi keberhasilan
proses pendidikan dan tercapainya cita-cita di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra D.I Yogyakarta.
Semoga Allah meridhoi.
D.I Yogyakarta,…../
.................../........
Mengetahui dan Menyetujui
Orang Tua/Wali (............................................) |
Santri (.........................................) |
TARGET HAFALAN AL-QURAN MINIMAL SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA |
|||||||
Bulan/ Kelas |
Kelas |
||||||
1/Takhasus |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
||
Bulan |
Agustus |
Annas-
Al-ashr |
al-Mulk |
al-Baqoroh
1-16 |
al-baqoroh
142-153 |
al-Baqoroh
253-269 |
an-Nas -
al-Ghosiyah |
September |
at-Takasur-
al- Bayyinah |
al-Qolam |
17-29 |
154-169 |
260-269 |
al-A'la
- an-naba' |
|
Oktober |
al-Qodr-
ad-Dhuha |
al-Haqqoh |
30-48 |
170-181 |
270-281 |
al-Mulk-
Nuh |
|
November |
al-Lail-
al-Balad |
al-Ma'arij |
49-61 |
182-190 |
282-286 |
al-Jin -
al- Mursalat |
|
Desember |
al-Fajr-
al- Ghosiyah |
Nuh |
62-76 |
191-202 |
Ali
Imron 1-15 |
al-Baqoroh
1-76 |
|
Januari |
al-A'la
- al- Burj |
al- Jin |
77-88 |
203-215 |
16-29 |
al-baqoroh
77-141 |
|
Februari |
al-Insyiqoq-
al-Muthoffifin |
al-muzzamil -1/2 al-muddatsir |
89-101 |
216-224 |
30-45 |
al-baqoroh
142-202 |
|
Maret |
al-Infithor-
at-Takwir |
1/2 al-Muddatsir- 1/2 al-Qiyamah |
102-112 |
225-233 |
46-61 |
al-baqoroh
203-252 |
|
April |
abasa-1/2
an-nazi'at |
1/2 al-Qiyamah - 1/2 al-Insan |
113-126 |
234-245 |
62-77 |
al-baqoroh 253-Ali Imron 15 |
|
Mei |
1/2
an-Nazi'at - an-Naba' |
1/2 al- Insan - al-Mursalat |
127-141 |
246-252 |
78-91 |
Ali
Imron 16-91 |